Senin, 19 Desember 2011

Art Work - Sketsa di Sardjito


Karena ada masalah dengan tubuhku sehingga mengharuskanku periksa ke Rumah Sakit. Jadi aku memeriksakan diri ke sana dan ternyata kelainan yang ada ditubuhku termasuk ke dalam kasus yang langka, jadi.. ya mesti bolak-balik ke sana.. TT,TT

Di poli penyakit dalam ada bapak-bapak yang nunggu gilirannya diperiksa. Dari pengalaman, bapak dengan dandanan seperti bapak ini adalah orang yang menderita diabet. Entah lebih detailnya diabet yang mana? Hehe..

Aku juga nunggu giliran yang kayaknya sih lama karena banyak banget pengunjung waktu itu. Jadi ya daripada ngga ngapa-ngapain jadi aku keluarin aja senjata pamungkas, Pensil Mekanik, Sketchbook A5 dan Penghapus. Dan mulailah nyeket..

Daripada telat detailing karena bapaknya keburu dipanggil duluan, jadi aku langsung detailing dan rampung!!!

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Bapak yang nunggu giliran periksa di poli endokrinologi
Pencil on A5 Paper
2011


Trus karena mesti tes MSCT, jadi ya aku mesti menjamah Radiologi. Dan pas ada objek yang menurutku menarik di deketku (Tentu saja ketika aku sedang menunggu giliranku tes), langsung aja ku keluarkan peralatan perangku..
Sket, sket, sket...
Rampung!!

Pas detailing baju, ternyata posisi tu ibu udah berubah. Tapi untungnya posisi yang kusuka udah kerekam lumayan kuat di otakku. Hehe...

Ibu-ibu yang ketiduran waktu nunggu suaminya di Radiologi
Pencil on A5 Paper
2011


Ini adalah ibu yang menunggu suaminya tes di Radiologi Sardjito. Ibu itu mungkin saking capeknya sampe waktu nungguin suaminya itu tes..
Hm... romantis banget pokoknya ngeliat mereka berdua. Sayangnya pas pengen nyeket suaminya juga keburu dipindahin ke poli khusus yang nanganin suaminya itu..

Sekian dulu post kali ini. Kalo ada masukan atau koreksi, silahkan..
Makasih.. :)



Minggu, 18 Desember 2011

Art Work - Sketsa Tukang Tambal Ban P3n UGM


Gara-gara ditipu tukang tambal ban di Gejayan (Bilang diganti ban dalem IRC tapi ternyata digantinya ban murahan. IRC palsu yang tipis banget) jadi bulan ini aku berkali-kali nambal ban. Dan aku nggak nyadar sampe tambalan yang ketujuh.

Ini ketika bocor untuk yang kelima kalinya. Pas pengen pulang ke kost. Posisi di pertigaan perikanan ugm. Untungnya ada tukang tambal ban..
Ngeluarin peralatan perang. Dan sket, sket, sket...

Rampung!!
Hehe

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Mas tukang tambal ban p3an perikanan UGM
Pencil on A5 Paper
2011


Sekian post kali ini, kalo ada masukan atau koreksi silahkan...
Makasih.. :)



Rabu, 14 Desember 2011

Lomba Mural Tas UGM


(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Mural Tas di UGM

Ini waktu lomba mural tas di ugm..
Tema’nya aku lupa apa?? Yang jelas dulu sih asal garap aja. Hehe..
(Waw!! Aku keliatan masih muda banget!! :P)
Ini ceritanya tentang yang ada di kepalaku hanyalah kodok, kodok dan kodok!! Sampe berakar dan tumbuh pohon dengan buah kodok pula..
Pokoknya dulu sih aku maniak banget ma kodok (sampe sekarang sih..)

Sekian dulu post kali ini. Kalo ada masukan atau komentar silahkan..
Makasih.. :)



Selasa, 13 Desember 2011

Art Work - Sketsa Pa Bambang Prihadi


Pas kuliah Sejarah Seni Rupa Barat II aku dapet satu sket dari dosen mata kuliah tersebut. Pa Bambang Prihadi..

Karena setiap kali mengajar, gayanya mulai dari kemeja yang lengannya dilipat, gaya memegang mikrofon, dan gayanya mengoperasikan laptop selalu sama. Dan menurutku menjadi khas. Hehe..
Jadi ketika nyeket beliau, nggak terlalu banyak kendala..

Sket, sket, sket..
Rampung!!

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Pa Bambang Mengajar
Pencil on A5 Paper
2011


Dan kuliah kali ini selain mendapatkan beberapa catatan penting. Aku juga dapet dosen yang mengajarkannya..
Hehe..

Bukan Cuma itu sih alesanku nyeket beliau. Karena beliau juga adalah PA-ku..

Hm.. Sekian dulu post kali ini. Kalo ada koreksi atau masukan silahkan..
Makasih.. :)



Jumat, 09 Desember 2011

Art Work - Sketsa Mbak Sekretaris Puskesmas


Pas pengen minta surat pengantar di Puskesmas Ngaglik II untuk ke RS Sardjito (Karena aku pake ASKES) hehe..

Sebelum diperiksa, pas udah dipanggil masuk ternyata masih nunggu lagi. Dan selagi nunggu daripada nganggur mendingan beraksi. Hallah!!

Keluarin peralatan perang. Pensil Mekanik 0.5, Sketchbook A5 dan Penghapus..
Dan objeknya adalah Mbak sekretaris yang mencatat administrasi pasien..
Sket, sket, sket..

Belum rampung tapi udah dipanggil dokter. Jadi finishingnya tertunda..
Hehe..

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Mbak Sekretaris di Puskesmas Ngaglik II
Pencil on A5 Paper
2011


Sekian dulu post kali ini. Kalo ada masukan atau koreksi silahkan..
Makasih.. :)



Rabu, 07 Desember 2011

Art Work - Sketsa Budhe Baca Komik


Ini waktu abis nganterin si Nyunyun kondangan ke temennya Bu Dhe..

Dan pulangnya mereka berdua malah mampir ke kostku dan menjarah dalemnya. Dan aku dapet sket budhe yang lagi baca komik yang sekitar 7 volume dalam waktu sekitar 40 menitan. Dan beberapa komik lainnya..

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

BuDhe Baca Komik
Pencil on A5 Paper
2011


Hm..
Pantatnya keliatan distorsi, tapi emang begitu ukurannya. Keliatan gede karena nggak ngukur pinggangnya.. Pembelaan!
Hehe..

Budhe


Sekian dulu post kali ini, kalo ada masukan atau koreksi silahkan...

Makasih.. :)



Display UKM Serufo


Ini waktu display UKM Serufo (Seni Rupa dan Fotografi) waktu OSPEK..
Ceritanya sih tentang angel ma devil. 4 devil dan 3 angel. Dan aku lebih suka jadi devil. Hehe..

Ceritanya dimulai dari kedamaian angel. Di situ mereka hanya diam dalam posisi mereka. Kemudian devil-devil datang dan mengacau. Kita mengacau dengan menggunakan cat-cat. Kita melempar, mengecat dan sebagainya ke angel. Awalnya angel-angel tidak melakukan respon sedikitpun terhadap apa yang kita (devil) lakukan..

Tapi kemudian mereka melawan dan kita akhirnya perang cat. Dan diakhiri oleh kekalahan dari para devil. Dan di akhir cerita, kita sudah menghasilkan lukisan dari peperangan kita tadi..
Itu mengibaratkan kita dalam membuat karya seni. Selalu ada dua sisi dalam diri kita. Dan kadang keduanya saling bertentangan dan berperang..
Sayang foto-foto pas pertunjukkannya aku nggak punya TT,TT

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Pra Event

Pra Event

Pasca Event

Pasca Event

Pasca Event

Pasca Event


Sekian dulu post kali ini. Semoga bermanfaat. Kalo ada masukan atau komentar, silahkan..
Makasih.. :)



Senin, 05 Desember 2011

Art Work - Sketsa Nobar


Sexy, temen SMPku (temen berangkat-pulang sekolah bareng. He) nikah dan ngundang kita buat ke kontrakan barunya di daerah Jalan Magelang..
Yang diundang aku dan Zusdi. Kita sama-sama temen SMP dan kebetulan kuliah di Jogja semua..
Tapi ternyata si Zusdi bawa ceweknya juga..

Acaranya sih makan siang. Trus karena pada pengen rujak (di jogja namanya Lotis), aku ma zusdi pergi nyari buah-buahan..
Dan ngrujak!!

Abis itu suaminya sexy ngajakin nonton “Shut Up” katanya.. yang ternyata film itu judulnya “Shut ‘em Up”..
Seru! Tegang!!
Tapi aku ko malah pengen nyeket..
Jadilah aku ngeluarin peralatan perang dan mulai nyeket...
Hehe...

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Nobar di Kontrakan Sexy
Pencil on A5 Paper
2011


Sekian dulu postku kali ini, kalo ada masukan atau komentar silahkan..
Makasih.. :)



Kamis, 01 Desember 2011

Tutorial - Menggambar Stilasi


PROSES MENGGAMBAR STILASI
(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Ikan Stilasi


Ornamen pada umumnya mempunyai bentuk yang tertentu, dapat berupa segi tiga, segi empat, lingkaran, dan sebagainya. Alangkah susah dan sulitnya untuk menerapkan bentuk-bentuk dalam keadaan asalnya, yakni secara naturalistis ke dalam bidang hias yang tertentu pula bentuknya tanpa mengadakan penyesuaian atau perubahan-perubahan terlebih dahulu. Oleh karena itu perlu mengadakan penggubahan pada motif-motif tersebut sehingga menjadi bentuk ornamental, artinya memiliki sifat-sifat sebagai hiasan.
Penggayaan bentuk atau penggambaran dari bentuk alami menjadi bentuk ornamental disebut stilasi, sedangkan gambarnya disebut gambar stilasi yang dapat diartikan sebagai bangun hias yang menggambarkan sesuatu dan akan disusun pada bidang hias. Bentuk sumber penggambaran disebut motif. Menstilasikan bentuk berarti menggambarkannya dengan ketentuan sebagai berikut :
1.         Memberikan bentuk yang tegas
2.         Memiliki kesan datar
3.         Bentuk oranamental yang indah
4.         Tidak meninggalkan ciri-ciri yang mendukung karakter motif atau bentuk sumbernya.

Ada dua permasalahan yang perlu diperhatikan dalam membuat stilasi, yaitu bangun luar dan isen. Bangun luar sebagai bangun utama atau bentuk luar gambar stilasi, sedangkan isen sebagai kelengkapan dari bentuk keseluruhan dan ciri serta sifat khasnya sekaligus untuk menambah nilai variasi dan daya tarik.

Langkah-langkah pembuatan gambar stilasi :
1.         Menentukan pilihan motif yang akan diwujudkan menjadi stilasi, misalkan motif binatang ikan.

Objek (Ikan)


2.         Penggambaran Bangun Luar
Fungsi stilasi sebagai unsur yang diisikan pada bidang hias maka penggambaran bangun luarnya kemungkinan pertama dapat berbentuk bebas dan kemungkinan lain dapat mangacu pada bentuk bidang hiasnya, baik berbentuk geometris maupun nongeometris

Penggambaran Bangun Luar


3.         Menyempurnakan dan melengkapi bagian-bagian Bangun luar dengan cara membagi-bagi atau merajang bangun luar sesuai dengan bentuk-bentuk bagian motifnya.

Penyempurnaan Bentuk Bangun


4.         Pemberian Isen
Agar lebih indah dan menarik, gambar stilasi perlu dilengkapi dengan isen-isen berupa variasi titik, garis, blok, dan warna dengan memperhatikan ciri serta sifat khas sumbernya.

Pemberian Isen/Isi


5.         Finishing
Dengan membersihkan bagian yang tidak diperlukan dan menyempurnakan bagian-bagian bentuk, garis, blok dan warna sehingga penampilannya menjadi rapi, bersih dan menarik.

Selanjutnya dapat dicoba menggambar stilasi dengan berbagai motif lain seperti : motif tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia, benda-benda peralatan, makhluk khayal dan motif geometris.
Proses dan tahapan menggambar stilasi seperti tersebut di atas tidak bersifat mengikat, maka berbagai kemungkinan lain dapat dilakukan untuk mencapai kesempurnaan hasil sesuai dengan gagasan dan kreativitas masing-masing.

CONTOH-CONTOH GAMBAR STILASI

Contoh-contoh Stilasi

Contoh-contoh Stilasi


Sekian dulu post kali ini, semoga bermanfaat..
Kalo ada kurang atau salah mohon tambahan dan pembenarannya. Makasih.. :)



Selasa, 29 November 2011

Tehnik-Tehnik Membuat Patung

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Patung Kodok



Membuat PatungTeknik 1

1.         Siapkan tanah liat atau plastisin.
2.         Siapkan alat bantu butsir dan air.
3.         Siapkan meja putar (kalau ada).
4.         Siapkan gambar rancangan patung.
5.         Tempatkan tanah liat atau plastisin diatas meja putar sedikit demi sedikit.
6.         Pijat-pijat bahan hingga mendekati bentuk yang diinginkan secara global.
7.         Jika bahan kurang  bias ditambah, sebaliknya bila berlebih bias dikurangi.
8.         Sempurnakan bentuk dengan alat bantu.
9.         Berikan sentuhan akhir dengan pembentukan detail patung dan dihaluskan.


Teknik 2

1.         Langkah 1
-            Siapkan balok kayu sesuai dengan ukuran pola yang kita gambar.
-            Pindahkan gambar/pola di atas permukaan kayu. Gambar pola pada kayu kelihatan dari semua sisi (atas, bawah, samping kiri, kanan, depan, belakang).
2.         Langkah 2
-      Berilah selotip melingkar pada balok. Selotip ini berfungsi sebagai pengikat jika dilakukan pemotongan/kayunya sambungan. Tetapi, jika dipahat langsung tidak perlu menggunakan selotip.
3.         Langkah 3
-            Lakukan pemotongan dengan menggunakan gergaji dari empat sisi.
-            Pembentukan sedikit demi sedikit hingga mendekati bentuk global.
4.         Langkah 4
-            Buatlah bentuk global.
-            Bandingkan dengan gambar/pola. Usahakan mendekati bentuknya.
-            Gosoklah dengan menggunakan kertas gosok atau amplas.
-            Penggosokan dilakukan dengan dua tahap:
Menggunakan amplas no. 150.
Menggunakan amplas no. 250 atau 400
5.         Langkah 5
-            Lanjutkan dengan membuat detail bagian bagiannya.
-            Haluskan dengan amplas lagi.
6.         Langkah 6
-            Difinishing dengan menggunakan cat akrilik atau melamin.


Teknik 3

1.         Siapkan semen dan pasir yang sudah disaring.
2.         Siapkan cetakan, ember, sendok adonan, dan tali karet.
3.         Cetakan diikat dengan tali karet.
4.         Siapkan adonan semen, pasir dan air secukupnya.
5.         Tuangkan adonan kedalanm cetakan hingga penuh.
6.         Rendam didalam air selama +- 2 hari.
7.         Buka ikatan tali karet dan cetakan secara perlahan-lahan.
8.         Sentuhan akhir patung dihaluskan.


Teknik 4

1.         Siapkah bahan besi, kawat, semen dan pasir halus.
2.         Siapkan alat gergaji besi, kaka tua, sendok semen dan ember.
3.         Siapkan gambar rancangan patung.
4.         Potonglah besi dengan gergaji besi sesuai dengan gambar rancangan patung. dan diikat dengan kawat diatas papan.
5.         Bentuk besi menjadi kerangka sesuai gambar rancangan patung dan diikat dengan kawat diatas papan.
6.         Siapkan adonan semen, pasir dan air secukupnya.
7.         Lepakan adonan pada bagian p[aling bawah menuju keatas sedikit demi sedikit.
8.         Sempurnakan bentuk patung dengan membuat detailnya.
9.         Untuk sentuhan akhir patung dapat  diwarnai polos atau sesuai rencanamu.


Setelah kalian mencoba berbagai teknik diatas ternyata dapat ditarik kesimpulan, bahwa teknik 1 disebut teknik membutsir yaitu dilakukan dengan cara memijit, menambah dan mengurangi bahan yang dibentuk, dengan dibantu alat butsir. Membuat patung dengan cara membutsir biasanya mempergunakan bahan tanah liat atau plastisin.

Alat Butsir

Alat Butsir

Sedangkan pada teknik 2 adalah teknik memahat, berbeda dengan teknik membutsir yang dapat dilakukan dengan memijit, menambah, dan mengurangi, dalam teknik memahat hanya dapat dilakukan pengurangan. Biasanya yang dipahat bahan yang cukup padat seperti kayu atau batu.

Alat Pahat

Alat Pahat

Alat Pahat


Pada teknik 3 disebut teknik mencetak. Dalam teknik mencetak biasanya digunakan teknik cetak tuang atau cor. Bahan yang dipergunakan untuk teknik ini umumnya cair atau bahan yang dapat dicairkan. Misalnya semen, gips, fiberglass, perunggu atau emas.

Patung Cetak


Teknik 4 adalah teknik kontruksi, yaitu membuat patung dengan cara menyusun bahan, baik dengan kerangka ataupun tanpa kerangka, cara menyusunnya dapat direkatkan dengan lem, dilepa, atau dilas/dipatri. Bahan yang dipergunakan dapat berupa semen, pasir, kawat, besi, plastisin, bubur kertas, atau bahan bekas.

Patung Konstruksi


Sekian dulu post kali ini, semoga bermanfaat..
Kalo ada salah atau kurang mohon pembenaran dan tambahannya..
Makasih.. :)



Selasa, 22 November 2011

Art Work - Kita Semua Sama #1

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Kita Semua Sama #1
Acrilyc On Canvas
90x90cm
2011


Kita Semua Sama #1

Kadang ketika ada yang berbeda di dekat kita (Sekitar kita) kita lebih suka untuk menggunjingnya, menjauhinya bahkan mengusirnya..
Perbedaan itu memang kadang sulit untuk diterima oleh kita karena kita kurang terbiasa dengan sesuatu yang berbeda itu..
Namun, sadarkah kita. Ketika kita berada dalam posisi yang berbeda itu?? Ketika kita berbeda di antara yang lainnya..
Dan kita diperlakukan sama, apa yang kita rasakan..??
Hmm.. Perbedaan itu membuat keragaman, dan keragaman membuat sesuatu menjadi indah... Kita berbeda namun kita tetap sama..
Karena sebenarnya kita itu sama..




Minggu, 20 November 2011

Hari Ini Harusnya Kaw Menjadi Dewasa...


Hari Ini Harusnya Kaw Menjadi Dewasa...
(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Dua Saudara


20-11-2011
Harusnya di angka indah ini kaw terus bertumbuh bersamaku. Beriringan melalui jalan kedewasaan bersama-sama..
Namun ketika aku terus berjalan cepat, bahkan aku berlari kaw malah makin pelan berjalan hingga akhirnya berhenti. Mungkin kaw lelah..
Kau diam dan hanya memandangku dari belakang..
Kaw bilang.. “Jalanku sudah terhenti di sini. Kaw teruslah berjalan, tidak usah perdulikan aku. Tidak usah khawatir kaw tidak bisa melihatku. Aku selalu ada di belakangmu!!”
Mungkin kaw benar, apa dayaku?
Aku takbisa menunggumu untuk menyusulku..
Aku harus terus berlari melalui jalanan di depanku ini..
...

Dulu aku sempat berpikir. Kaw dan aku akan terus bersama, melalui serangkaian hidup bersama dan akhirnya menatap senja bersama..
Namun, kaw diam dipagi hari sedangkan aku beranjak kepada siang dan menuju pada sore..
Kaw memang lebih muda dariku.. Dan aku tidak bisa melakukan apapun. Karena mungkin kaw memang lebih suka pada pagi hari..
...

Hari ini harusnya kita menjalani masa kedewasaan kita bersama-sama. Namun takdir berkata lain..
Ia lebih menginginkanmu untuk tetap berada dalam masa keremajaanmu..
Masa dimana kaw mengumpulkan keenambelas umurmu...
Ia lebih menginginkanmu untuk tetap berada pada masa indahmu..
Masa pencarianmu...
...

Hari ini bagiku adalah angka indah yang tersusun dari angka indahmu..
DuapuluhSebelas-DuapuluhSebelas..
Seandainya kaw ada saat ini..
Seandainya kawpun bisa melalui waktu ini..
Akankah kaw berpikiran sama denganku??
...

Harusnya hari ini kaw mendapatkan catatan baru pada usiamu..
Harusnya hari ini bertambah satu lagi koleksi umurmu..
Harusnya hari ini juga aku akan merayakannya bersamamu..
Namun hari ini aku hanya bisa mengenangmu..
Hari ini aku hanya bisa mendoakanmu..
Dan hari ini aku bertekad tidak akan bersedih ketika aku mengenangmu..
Karena kaw selalu ada bersamaku..
Walau hanya kenanganmu yang membekas dalam anganku, namun aku sudah sangat cukup bersyukur mengenai hal itu...

Happy Birthday to You...
My Lovely Brother. David Kurniawan. 20 11 1990

Kenangan Terakhir
(Apit Sweater Biru Donker)