Selasa, 11 Desember 2012

Candi Plaosan

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Candi Plaosan Lor


Candi plaosan adalah candi yang dibangun oleh Rakai Pikatan untuk permaisurinya, Pramudyawardani. Candi ini terletak di utara candi Prambanan. Sekitar 1 kilometer. Tepatnya di Dusun Bugisan Kecamatan Prambanan. Yang menarik dari candi ini adalah arsitektur yang digunakan adalah perpaduan Hindu dan Budha. Selain itu juga candi plaosan memiliki keunikan, yaitu candi dua candi utamanya kembar serta teras yang permukaannya halus.

Candi plaosan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu plaosan lor dan plaosan kidul. Kedua candi tersebut memiliki teras berbentuk segi empat yang dikelilingi oleh dinding, tempat berbentuk gardu di bagian barat, serta stupa di sini lainnya. Karena kesamaan itu, candi plaosan lor dan plaosan kidul hampir serupa jika dilihat dari jauh. Sehingga sampat sekarang candi plaosan sering juga disebut candi kembar.

Candi Plaosan Lor

Candi Plaosan Kidul


Seluruh kompleks candi plaosan memiliki 116 stupa perwira dan 50 candi perwira. Stupa perwira bisa dilihat di semua sisi candi utama, demikian pula candi perwira yang ukurannya lebih kecil. Bangunan candi plaosan lor memiliki halaman tengah yang dikelilingi oleh dinding dengan pintu masuk di sebelah barat. Pada bagian tengah halaman itu terdapat pendopo berukuran 21,62 m x 19 m.

Sepertinya segitu aja perkenalan tentang candi plaosannya. Intinya, candi ini bagus dan sayang sekali kalo sudah sampai ke prambanan tapi tidak mengunjungi juga candi plaosan.
Kebetulan aku pertama kali tertarik dengan candi ini adalah ketika aku tidak sengaja sampai di kompleks ini. Dan benar-benar baru tau bahwa di sebelah utara candi prambanan ternyata juga ada candi yang tidak kalah cantiknya dengan candi prambanan.

Nyasar Pertama di Plaosan


Pertama kali nyasar ke candi plaosan sih ketika hunting foto. Dan aku tidak membawa persiapan apapun. Hanya buku agenda kecil berukuran A6 yang selalu ada di dalam tasku.
Sudah sampai di sana, sayang sekali jika tidak mengabadikan moment itu dengan sketsa. Akhirnya aku membuat sketsa pada halaman belakang buku agendaku. Hanya dengan menggunakan gel pen.


Candi Plaosan
Jel pen pada Halaman belakang Agenda A6
2012


Dan beberapa kali aku menginjakkan kaki ke dalam candi plaosan dan semakin tertarik pada keindahan candi tersebut. Candi yang tidak terlalu luas, dan menurutku pas jika kita ingin berkeliling melihat candi.
Memang tidak seluas candi ratu boko, dan tidak sebesar candi borobudur, juga tidak setinggi cadi prambanan. Namun candi ini cantik dengan porsi yang pas. Hehe

Hm.. kemudian aku mengusulkan untuk melakukan sketching and sharing bersama Indonesias Sketchers Jogja di candi plaosan lor. Dan here we go...
Nyeket bareng di sana...
Namun, aku curi start karena aku melakukan survey dengan rekan-rekan pengurus utama lainnya. Dan aku mendapatkan 1 sketsa..


Survey bersama beberapa anggota IS Jogja

Tempat paling teduh di Plaosan Lor
Di bawah pohon. Hehe

Nyeket Candi Utama sebelah Utara


Candi Plaosan #1
Tusuk Sate+Tinta China pada Kertas Hawaii A3
2012


Melakukan sketsa di tempat paling teduh di kawasan candi plaosan lor. Di bawah pohon. Hahahaha...
Karena aku malas mendetail batu, sehingga alat perang yang kugunakan adalah tusuk sate dan tinta china. Aku juga menggunakan kertas hawaii kuning krem ukuran A3.
Kali ini aku hanya akan meng-upload sket ini saja. Lainnya akan ku upload pada postku selanjutnya. hehe

Sekian dulu post kali ini, kalau ada salah atau kurang mohon pembenaran dan tambahannya. Kalau ada yang ingin berkomentar atau memberi masukkan silahkan...
Terimakasih...



2 komentar:

  1. itu sketsanya dewa :o anggota IS jago-jago bener ya :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahahahahaha.. wah masih manusia ko :P
      liat post yang selanjutnya.. masih candi plaosan.. :)

      Hapus