Minggu, 06 Januari 2013

ArtWork - Karikatur : Belajar

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Aku-Karikatur


Hm..
Aku lagi seneng Ngarikatur nih.. Lagi asyik sama ngedistorsiin muka temen-temen..
Banyak yang protes bla-bla-bla.. Tapi don’t care ah..
Yang penting aku emang lagi enjoy aja sama karikatur..
Hehe

Berbicara tentang karikatur sendiri adalah (Menurut bang Wiki) adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Kata karikatur berasal dari kata italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Karikatur dibedakan dari kartun karena karikatur tidak membentuk suatu alur cerita sebagaimana kartun, namun karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial. Orang yang membuat karikatur disebut sebagai Karikaturis.

Karikatur sebagaimana yang dikenal sekarang berasal dari italia abad ke-16. Pada abad ke-18, karikatur telah menjangkau masyarakat luas melalui media cetak dan, terutama di Inggris, telah menjadi sarana kritik sosial dan politis. Pada abad berikutnya, berbagai majalah satire menjadi media utama karikatur, peran yang kemudian dilanjutkan oleh surat kabar harian pada abad ke-20. Selain sebagai bentuk seni dan hiburan, karikatur juga telah digunakan dalam bidang psikologi untuk meneliti bagaimana manusia mengenali wajah.
Dalam membuat karikatur, karikaturis melakukan observasi untuk menentukan ciri khas yang membuat subjeknya berbeda dari orang lain, dan melebih-lebihkan ciri tersebut. (untuk kelengkapan sejarah dan sebagainya bisa ditanyakan langsung ke bang Wiki)

Melebih-lebihkan dalam istilah seni rupa adalah Mendistorsi. Bisa dengan cara membesarkan, mengecilkan, atau memanjangkan sesuai dengan kehendak hati kita.
Membuat karikatur di jaman yang serba modern seperti sekarang tidaklah susah. Menggunakan grafik komputer adalah kuncinya. Banyak pula aplikasi-aplikasi yang membuat foto kita ter-otomatis menjadi karikatur dan lain sebagainya. Namun, aku sedang mendalami mengkarikatur secara manual. Yaah.. tidak seperti karikatur pesanan seperti yang biasanya kudapatkan untuk hadiah ulangtahun atau pernikahan. Tapi kali ini aku memang ingin benar-benar mendalami mendistorsi orang..
Korban pertama sih.. Teman-teman deket dulu saja. Hehe..
Alat yang kugunakan masih sebatas pensil (mekanik andalanku - 2B 0,5) dan kertas (Sketbuk A5 Andalanku juga. he). Juga masih banyak menggunakan penghapus untuk menghapus kesalahan di sana-sini..

Karikatur

Karikatur

Karikatur

Karikatur


Aku belajar ngarikatur dengan contoh karya-karya karikatur dari Toni Malakian. Seorang karikaturis yang kebetulan juga sesama sketchers dan juga sesama orang Indramayu (tempat asalku. Kec. Haurgeulis Kab. Indramayu) Haha..
Aku suka dengan karya-karyanya dan belajar dari contoh karya-karyanya tersebut..

Mengkarikatur orang juga kita harus benar-benar teliti ketika kita mendistorsikan bagian dari wajah mereka. Harus benar-benar memperhatikan lekukan muka mereka dan sebagainya dan sebagainya..
Lumayan sulit juga.. Tapi aku semakin tertandang karenanya..
Yaah..  Baru sekedar membentuk dan masih takut mengarsirnya. Bingung dan masih ragu-ragu tapi aku harus tetap mencoba dan belajar..

Setelah lumayan mahir dalam hal ini, aku akan belajar juga untuk pewarnaannya..
Haha.. Tapi mungkin dalam waktu yang agak lama karena saat ini aku tidak boleh terlalu berfokus disini. Karena aku masih mempunyai Kewajiban menulis laporan TAKS (Tugas Akhir Karya Seni)ku.. TT,TT *Curhat
Semangat!! Semangat!! Semangaaatt!!!
Haha..

Terimakasih atas kesediaan waktu untuk membaca blog ini..
Kalau ada salah atau kurang, mohon koreksi dan tambahannya..
Kalo ada komentar atau masukan, dipersilahkan...
Terimakasih..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar