Sabtu, 27 Juli 2013

Live Sketching - Sketch on the spot

(Klik pada gambar untuk memperbesar)


Live Sketching


Live sketch, atau live sketching atau sketch on the spot atau menyeketsa langsung di depan objek adalah pengertian sketsa yang dianut oleh Indonesia's Sketchers. Jadi sketsa yang dihasilkan bukanlah dari imajinasi ataupun dari mencontoh (semisal) foto atau gambar lainnya.

Mensketsa objek langsung memiliki tantangan dan kesenangan tersendiri karena biasanya kita merasakan suasana yang ada di lokasi ketika mensketsa. Suasana ricuh, kacau, panas atau tenang kadang terekam dalam setiap goresan kita. Goresan-goresan spontan tanpa adanya rasa takut salah ketika mensketsa adalah salah satu panutan yang harus dimiliki sketcher on the spot. Dan ketika sketsa kita telah jadi, kita memiliki cerita dibalik sketsa tersebut.

Mensketsa langsung objek hidup atau objek bergerak, tantangannya lumayan besar. Karena seringkali ketika kita sedang mensketsa dan belum selesai, namun objek tersebut sudah pergi atau berpindah. Dan disitulah gregetnya. Kalau aku sih yang memang lebih suka mensketsa objek bergerak daripada objek diam seperti bangunan-bangunan, menjadikan ini sebagai tantangan tersendiri.

Lain halnya dengan mensketsa objek diam seperti bangunan dan objek tidak bergerak lainnya. Kita bisa lebih tenang ketika mensketsa. Karena kita tidak akan khawatir objek itu akan berpindah ataupun berubah. Kecuali kalau ada bencana alam yang tidak kita duga. hehe..

Dalam live sketching, yang diutamakan adalah menangkap moment saat itu...

Rumus live sketching.. hehe
Mengamati- Merekam- Mendokumentasikan dalam bentuk goresan- Menghasilkan sebuah karya sketsa

Salam sketsa!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar