Sabtu, 03 September 2011

Media Gambar #3 Kertas, Kanvas, Kayu, Tembok


Materi media Gambar sekarang.. Yang mau kubahas adalah “Pada apa saja kita bisa menggambar...??
Yup.. Sering kita ngeliat gambar ada di mana-mana di sekeliling kita. Entah itu di media yang masih wajar seperti, kertas, kanvas, tembok atau kayu. Kadang juga kita nemuin gambar-gambar di tempat yang kadang kita ngga berpikir untuk mengapresiasi benda tersebut..
Untuk awalan, mari kita bahas media yang wajar terlebih dahulu..

Pertama adalah Kertas..
(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Kertas

Kita sudah sangat tidak asing dengan benda ini. Karena dari kecil kita sudah berkenalan dengan kertas. Entah itu buku tulis ataupun buku teks, lembarannya adalah berupa kertas..
Kertas sangat mudah didapatkan dan juga dalam berkarya pada kertas tergolong mudah.
Bahkan sebagian besar seniman ketika membuat sketsa ataupun ketika belajar menggambar biasanya media yang digunakan adalah kertas..

Kertas banyak jenisnya. Tergantung warna, ketebalan, permukaan..
Ada kertas yang mudah menyerap air ada juga yang sulit menyerap air (biasanya kertas glossy)..
Sampai saat ini yang kutahu semua media bisa digunakan pada kertas. Seperti pensil, pulpen, spidol, cat air, akrilik, cat minyak dan sebagainya, dan sebagainya..
Ini ada beberapa contoh karya pada kertas..

Karya pada kertas

Karya pada kertas

Karya pada kertas



Kemudian Kanvas..

Kanvas

Bagi sebagian besar orang kanvas sudah menjadi sesuatu yang tidak asing lagi di dengar atau ditemukan. Karena umumnya lukisan medianya adalah kanvas.
Kanvas adalah sejenis kain yang tebal dan kuat. Dan biasanya digunakan untuk layar atau sebuah karya lukisan..

Jenis kanvas ada bermacam-macam. Ada yang permukaannya halus, atau kasar. Yang tebal atau tipis. Bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan..
Umumnya ketika kita melukis pada kanvas, media yang digunakan adalah cat minyak, cat akrilik, cat tembok dan kadang juga cat air, pastel, pensil warna, pensil, pulpen digunakan dalam berkarya pada kanvas.
Untuk kain, karena sifat dan bentuknya yang hampir sama dengan kanvas (karena kanvas juga bagian dari kain) jadi kurang lebih keterangannya sama dengan kanvas..
Ini adalah beberapa contoh karya pada kanvas..

Karya pada kanvas

Karya pada kanvas



Kayu..


Mungkin bagi sebagian orang ketika melihat ada lukisan pada kayu masih terasa aneh atau janggal. Namun saat ini pelukis yang lebih memilih kayu untuk media dalam apresiasinya telah banyak. Karena permukaan kayu memang lumayan mudah untuk diapresiasi..
Media yang bisa digunakan pada kayu biasanya yang memiliki sifat plakat atau blok. Namun pensil, tinta dan pulpen juga kadang digunakan dalam membuat karya pada kayu. Masalah tahan lama atau tidaknya, aku belum tau jelas..

Papan tripleks juga masih sejenis dengan kayu, jadi ketika membuat karya pada tripleks, hampir sama dengan membuat karya pada kayu.
Beberapa contoh karya pada kayu..

Karya pada kayu

Karya pada kayu



Tembok..

Tembok

Di kota besar, tembok-tembok bangunan atau pinggir jalan biasanya terdapat gambaran atau tulisan yang lebih populer dengan sebutan grafity dan mural..
Yup! Mengapresiasi tembok biasanya menggunakan cat tembok atau pilox..

Namun ketika mengapresiasi tembok, cuaca sangat berpengaruh terhadap cepat kering-atau tidaknya cat yang kita gunakan. Apabila cuaca panas, tembok menjadi panas, maka cat apapun yang kita gunakan pasti akan cepat kering. Namun apabila cuaca dingin/hujan hal sebaliknya akan terjadi..
Beberapa karya pada tembok..

Karya pada tembok

Karya pada tembok



Kaca..

Kaca

Istilah Lukisan kaca juga sudah tidak asing lagi kita dengar karena kaca lukis atau lukisan kaca sudah banyak beredar di sekitar kita..
Media yang bisa digunakan pada kaca apabila ingin yang tahan lama adalah yang bisa melekat kuat seperti cat kayu, cat besi atau piloks..
Namun dalam melukis pada kaca, objek yang berada paling depan harus digambarkan terlebih dahulu dan objek paling belakang atau background digambarkan terakhir..
Beberapa contoh gambar pada kaca..

Karya pada kaca

Karya pada kaca

Karya pada kaca


Dan ternyata masih ada beberapa media lagi yang jarang terpikirkan oleh orang kebanyakan untuk diapresiasi menjadi sebuah karya..
Seperti jalan pada karya-karya berikut..

Karya pada jalan raya

Karya pada botol

Karya pada piring

Karya pada tulang

Karya pada gigi

Karya pada gerabah

Karya pada topi

Karya pada tubuh manusia

Karya pada bis surat

Karya pada caping

Karya pada batu

Karya pada kuku

Karya pada sepatu

Karya pada siput

Karya pada lubang selokan

Karya pada benda tak terpakai

Karya pada tutup selokan

Karya pada gelas



Apapun bendanya dan apapun medianya. Yang harus dipikirkan ketika kita berkarya adalah, apakah ketika kita mengapresiasinya kita akan merugikan orang lain atau tidak??
Karena ada juga beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab yang membuat karya namun menurutku itu merugikan orang lain..

Sekian dulu tulisan kali ini.. Moga ada manfaatnya..
Seperti biasa kalo ada yang salah atau yang kurang mohon pembenarannya dan tambahannya.. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar