Selasa, 13 September 2011

Tutorial - Membuat Tangan Kartun



(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Menggambar Tangan Kartun


Ternyata lama juga aku nggak onlen dan nggak posting. Karena emang pas mulai KKN-PPL lagi di SMPN 5 Banguntapan, jadi berasa sok sibuk. Juga kemaren sempet ada trouble juga sih sama kartu di modemku. Jadi kaga bisa onlen deh.. :P
Yaahh... untungnya sekarang udah agak bisa terkendali lagi..

Hm.. Belum juga ngepost bagian awal pembelajaran membuat Gambar Kartun, tapi ini udah pengen ngepost yang membuat Tangan Kartun.
He.. Gapapa deh.. Yang udah ada dulu. Cos yang bagian itu belon lengkap gambar-gambarnya.. :)
Tangan adalah bagian tubuh yang paling susah atau menakutkan (untuk beberapa orang) untuk digambar! Tapi dalam kartun menggambar tangan bisa menjadi sesuatu yang mudah..

Dalam kartun tidak masalah kamu menggambarkan hanya 3 jari atau 4 jari, atau bahkan tidak berjari seperti kartun Doraemon! Hehe..
Namun aku coba mengajari yang 5 jari dulu..
Dan ketika menggambar, aku menyarankan kamu menggambar sesuatu yang akan membuatmu nyaman ketika menggambarkannya. Hari ini adalah hari yang baik (mudah-mudahan. He) untuk belajar menggambar tangan kartun dengan posisi yang lumayan sulit.

Disini akan ada contoh-contoh langkah menggambar tangan kartun, kamu bisa mencontoh gambarnya atau kamu bisa langsung saja mencontoh model paling sempurna yang kamu punya. Tanganmu sendiri! :)
Untuk belajar pertama kali, kamu cukup ikuti saja langkah-langkah seperti pada contoh-contoh gambarnya..
Pertama, menggambar posisi Tangan yang paling mudah. Menggambar Tangan dengan Posisi Tebuka.


Langkah Pertama


Langkah Kedua


Langkah Ketiga


Posisi selanjutnya adalah posisi tangan menunjuk.

Langkah Pertama


Langkah Kedua


Langkah Ketiga



Selanjutnya, Posisi tangan meminta sesuatu..

Langkah Pertama


Langkah Kedua


Langkah Ketiga




Posisi tangan menggenggam


Langkah Pertama


Langkah Kedua


Langkah Ketiga


Tangan komik bisa sangat ekspresif dan bermacam-macam sesuai dengan karakter yang ingin digambar dan sesuai dengan keinginan penggambarnya.
Untuk belajar, gambarlah dengan model tanganmu yang dihadapkan pada cermin.
Cobalah menggunakan model tanganmu yang tidak kamu gunakan untuk menggambar (kalo aku sih pake modelnya tangan kiri, soalnya aku nggambar pake tangan kanan!). Letakkan cermin di tempat yang memungkinkanmu untuk menggambar dan menggunakannya sebagai pantulan dari tanganmu. Coba menggambar dengan berbagai posisi.

Menggambar di depan cermin


Belajar menggambar Tangan dengan posisi yang Sulit..
Kamu pasti merasa bosan karena menggambar tangan lagi, lagi dan lagi!
Namun inilah bagian yang paling ekspresif (setelah muka/wajah) karena biar sesulit apapun juga, ketika kita menggambar manusia, mau tidak mau kita juga harus bisa menggambar tangannya dengan posisi yang sesuai dengan ekspresi objek yang kita gambarkan.

Bagaimanapun juga kita harus bisa menggambar dasar dari tangan kartun kalo kita ingin menjadi komikus, seniman kartun atau kartunis. Walaupun kamu akan menggambarkan komik dengan hanya 3 jari atau 4 jari saja, namun kamu harus bisa menggambar dasarnya dulu untuk kebaikanmu kedepannya. Hehe

Contoh Posisi Tangan yang Sulit






Pelajari juga beberapa contoh posisi tangan seperti yang ada pada contoh-contoh gambar di bawah. Pelajari diwaktu luangmu..


Contoh Posisi Tangan yang Sulit


Contoh Posisi Tangan yang Sulit


Contoh Posisi Tangan yang Sulit


Contoh Posisi Tangan yang Sulit



Sekian dulu tutorial untuk menggambar tangan dariku, kalo ada kurang atau salah mohon tambahan atau pembenarannya. Trimakasih dan Semoga bermanfaat :)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar