Selasa, 27 September 2011

Art Work - Tak Selamanya, Jagoan Harus Menang

Ini juga karya lukis yang dipamerin pas Pameran Bersama Kerupuk Mawut kemaren..
(Klik pada gambar untuk memperbesar)

TAK SELAMANYA, JAGOAN HARUS MENANG
Acrilyc on Canvas, 95x125 Cm
2011



Power Ranger yang kita ketahui adalah tokoh pembela kebenaran dan pembasmi kejahatan. Serta tokoh utama yang selalu benar dan selalu menang. Namun, dalam lukisan saya ini mengapa sang pahwalan dikalahkan oleh monster yang berbentuk katak??

Yah.. kadangkala pahlawan memang tidak selamanya selalu menjadi pemenang. Karena ketika ada kalimat menang, sudah tentu juga akan mengikuti kalimat kalah dibelakangnya..
Penggambaran yang jika diperhatikan akan terlihat aneh karena kita bisa melihat latar/alas panggung, namun kita juga bisa melihat langit-langit panggung ini memang sangaja saya buat karena ingin menampilkan dimensi waktu. Cara pandang kita dari waktu-kewaktu..

Cara pandang ketika kita kecil akan berbeda seiring berjalannya waktu. Makin bertambah usia kita diharapkan juga makin bijak kita dalam berpikir dan bercara pandang.
Panggung boneka dengan tirai warna ungu menggambarkan hidup ini layaknya sebuah panggung boneka yang memiliki cerita, namun kita juga belum mengetahui apa yang akan diceritakan, bagaimana jalan ceritanya dan bagaimana akhirnya.

Kita adalah sebuah boneka yang melakukan apa yang sudah direncanakan oleh sang pembuat boneka.

Kadang pemikiran yang kita anggap benar itu belum tentu juga benar menurut pemikiran orang lain. Ataupun apa yang kita lakukan kadang juga mungkin akan merugikan orang lain. Seperti halnya jagoan yang pasti ada kalanya akan kalah, pemikiran kita juga ada kalanya memang bertentangan dengan pemikiran-pemikiran atau keyakinan dari orang lain. Namun semua itu sudah ada yang mengaturnya, dan kita sebagai mahluk yang hidup di aturan mainnya, tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi pada kita ataupun bagaimana selanjutnya. Hanya Ia-lah yang berhak atas kita dan atas apa yang akan kita anggap benar atau salahnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar