Sabtu, 03 September 2011

Tato/Tatto

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Tato

Tato atau dalam bahasa inggris Tattoo..
Jaman Pak Soeharto jadi presiden dulu ngga ada yang berani badannya pake tato. Karena kalo ada yang seperti itu, maka jangan salahkan kalo besoknya tiba-tiba ditemukan sudah mengapung menjadi mayat di sungai. Karena dulu orang yang memiliki tato identik dengan kriminalitas.

Namun, sekarang walaupun kebanyakan orang yang memiliki gambar di tubuhnya adalah orang yang sering terlibat dalam tindak kriminalitas, namun banyak orang juga yang menjadikan gambar di tubuh atau tato tersebut sebagai sebuah ekspresi jiwa. Dengan kata lain adalah Seni!

Tato dibagi menjadi dua, yaitu Tato Temporari dan Permanen. Tato Temporari adalah tato sementara atau tato yang dibuat namun tidak untuk selamanya atau tidak permanen. Umumnya temporari dibuat dengan menggunakan tinta khusus dan bisa juga dengan menggunakan pewarna rambut. Tato ini akan bisa bertahan selama 7-10 hari.
Sedangkan Tato Permanen adalah tato yang sengaja dibuat untuk selamanya. Tidak akan hilang kecuali di hapus dengan menggunakan cara khusus.

Tato sendiri memiliki arti menandakan sesuatu. Berasal dari kata Tahitian/Tatu.
Tato atau Rajah adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit. Rajah bisa dilakukan pada kulit manusia atau hewan. Rajah pada manusia adalah suatu bentuk ekspresi diri untuk memodifikasi tubuh, sedangkan rajah pada hewan adalah untuk identifikasi.

Proses menato

Alat Tato



Awalnya tato digambarkan di bagian yang umum dilihat seperti tangan dan dada. Namun sekarang banyak manusia yang semakin gila karena merasa ingin melakukan hal yang diluar pikiran orang lain. Sehingga mereka mentato bagian tubuh yang lain daripada yang lainnya. Seperti di wajah bahkan sampai di mata!!

Menurut pandangan islam tato diharamkan karena menato tubuh berarti kita telah merubah sesuatu yang diberikan Allah SWT pada kita. Ini dijelaskan pada (Shahih, HR. Al - Bukhari no.5933 dan dari sahabat ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma no.5937).

Di Jepang, biasanya orang yang mentato penuh punggungnya adalah seorang Gengster atau di sana lebih dikenal dengan Yakuza.. Motif tato dari tiap golongan berbeda dengan golongan lainnya.. Namun umumnya akan memenuhi punggungnya walaupun ketika ia mengenakan baju tidak selalu terlihat gambar tatonya.

Tato Yakuza



Namun ini juga berbalik pada keyakinan masing-masing. Karena pengertian tato menurut tiap individu adalah berbeda satu dan lainnya. Ada yang beranggapan Tato=Preman ada juga yang menganggap Tato=Seni..
Kalo aku sih menganggap tato sebagai seni namun dalam batasan normal dan wajar ketika masih ditempatkan pada bagian yang wajar dan porsi yang wajar pula. Maksudnya menato pada bagian tubuh yang masih wajar saja seperti dada, punggung, kaki, tangan atau tengkuk. Dan porsi yang normal adalah tidak seluruh bagian tubuh kita di tato sehingga tidak menyisakan sedikitpun kulit asli kita yang terlihat..

Untuk gambar-gambar  tato pada bagian tubuh manusia silahkan dilihat..

Tato pada Kaki

Tato pada Dada

Tato pada Tangan

Tato pada Lengan

Tato pada Lengan dan Dada



Awalnya tato dibuat kebanyakan untuk dipamerkan pada masyarakat ramai sehingga dibuat pada bagian tubuh yang terlihat. Namun sekarang banyak juga yang membuat tato pada bagian yang tidak bisa terlihat oleh semua orang, namun hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melihatnya (Bagian tubuh yang tertutup). 

Dan ada juga yang membuat tato namun akan terlihat apabila ia melakukan gerakan yang tidak sengaja. Misal di lengan bagian dalam. Ia akan terlihat apabila si empunya tato mengangkat tangan atau meregangkan tangannya.

Tato pada Kaki

Tato pada Paha


Tato pada Ketiak

Tato pada Perut

Tato pada Pinggang

Tato pada Belakang Telinga

Tato pada Perut



Namun tato sekarang juga kerap dibuat pada bagian-bagian tubuh yang bagi sebagian orang menganggapnya gila! Ini beberapa contohnya..

Tato pada Muka

Tato pada Telapak Tangan

Tato pada Kepala

Tato pada Muka

Tato pada Seluruh Badan

Tato pada Pantat

Tato pada Lutut

Tato pada Telinga

Tato pada Kuku

Tato pada Gigi

Tato pada Siku



Dan ada lagi yang ekstrim mentato bagian tubuhnya. Bahkan bagian yang rawan dan yang sangat intim sekalipun. Langsung saja..


Tato pada Vagina

Tato pada Penis

Tato pada Mata

Tato pada Puting

Tato pada Bibir Dalam

Tato pada Lidah



Menurutku, Tato memang kadang terlihat menjadi hiasan tubuh kalo pursinya masih wajar-wajar saja. namun menurutku, tato menjadi mengotori badan ketika porsi tato ditubuh sudah berlebihan..

Sekian dulu tulisanku tentang tato. Moga bermanfaat.. Dan kalo ada kurang atau salah, mohon tambahan dan pembenarannya.. :)



2 komentar: