Minggu, 10 Februari 2013

ArtWork - Gong Xi Fa Cai

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Sketsa Barongsai dan Naga
Tinta China pada Sketbuk
2013


Nyeket barongsai karena bertepatan dengan tahun barunya china..
Menutur Bang Wiki..
Barongsai adalah tarian tradisional china dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah ribuan tahun. Pertama kali tarian ini pada masa Dinasti Chin sekitar abad ke 3 sebelum masehi.

Kesenian Barongsai mulai populer di zaman dinasti Selatan-Utara (Nan Bei) tahun 420-589 Masehi. Kala itu pasukan dari raja Song Wen Di kewalahan menghadapi serangan pasukan gajah raja Fan Yang dari negeri Lin Yi. Seorang panglima perang bernama Zhong Que membuat tiruan boneka singa untuk mengusir pasukan raja Fan itu. Ternyata upaya itu sukses hingga akhirnya tarian barongsai melegenda.

Tarian Singa terdiri dari dua jenis utama, yakni singa utara yang memiliki surai ikal dan berkaki empat. Penampilan singa utara kelihatan lebih natural dan mirip singa ketimbang singa selatan yang memiliki sisik serta jumlah kaki yang bervariasi antara dua atau empat. Kepala singa selatan dilengkapi dengan tanduk sehingga kadangkala mirip dengan binatang "Kilin"

Kira-kira begitu sejarah singkat dan pengetahuan tentang Barongsai. Aku memang nggak begitu tau tentang sejarah dan maksud tarian tersebut untuk apa. Yang jelas ketika aku melihat pertunjukan barongsai aku sangat menikmati dan suka dengan gerakan-gerakan yang memang sangat lincah dan terlatih. Yang kadang aku berpikir, memang tariannya menyerupai singa.

Sketku sih kugambarkan satu barongsai dan satu naga.. namun, tarian naga aku sengaja tidak menggambarkan orang-orang yang membawa naga tersebut (pada dunia nyatanya) karena aku memang ingin membuat komposisinya menarik dan berusaha untuk membuatnya seimbang..

Aku hanya menggunakan tina china dan kuas ukuran 0..
Belum kuwarna karena sketku ini belum sempat kudokumentasikan (di-scan) karena aku memang belum sempat mampir ke tempat temanku yang punya scaner. Hehe.. Maklum, derita orang yang masih belum punya scaner sendiri..

Ya, mungkin kalau sudah terdokumentasikan aku akan mewarnanya dan akan ku aplot lagi nanti.. Hahahahaha...

Sekian dulu saja post kali ini, kalau ada masukan atau komentar silahkan..
Kalau ada salah atau kurang mohon pembenaran dan tambahannya...
Makasih... :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar