Kamis, 07 Februari 2013

Media Gambar 7 : Cat Air Portable dan Water Brush

(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Cat Air Portable


Lagi seneng pake cat air karena akhirnya bisa juga kebeli cat air portable, cat air yang dirancang khusus untuk perjalanan.
Bentuknya sih cat air kering dengan wadahan yang lebih mirip seperti alat make-up, namun memang di desain tutupnya bisa digunakan untuk pengganti palet.

Cat air yang akhirnya berhasil kubeli dengan budget yang lumayan (untukku) adalah Koi Water Colors yang 18 warna. Sebenernya sih aku lebih menginginkan cat air yang hanya 12 warna, karena wadahnya memang lebih kecil dan bisa dimasukkan ke dalam kantong celana. Sehingga mudah untuk membawa kemana-mana. Namun, memang belum jodohku. Cat air koi 12 warna itu kosong dan akhirnya aku memutuskan untuk membeli yang 18 warna. Karena memang aku membeli cat air ini selain aku memang sudah lama menginginkannya (lebih ke mengidamkannya sih hehe), aku juga ingin mengikuti workshop cat air bersama Mbak Euneke Nugroho. Beliau sudah sangat dewa menggunakan cat air dan aku sungguh mengagumi karya-karyanya dengan selalu bergumam "Telaten bangeeetttt detailnya.. waawww"

Banyak cat air yang memiliki kualitas lebih bagus. Tentunya juga dengan harga yang lebih mahal. Namun, untuk saat ini aku cukup menggunakan cat air yang mampu kubeli saja. Memang harga menentukan rupa.. Yaah.. semoga saja nanti aku juga bisa membeli cat air yang digunakan temanku yang harganya kira-kira lima kali lipat harga cat airku sekarang..
Amien.. :)

Hm.. Langsung aja ke penampakkannya..

Cat Air Portable

Cat Air Portable

Water Brush

Water Brush


Di cat air yang kubeli itu, kita juga mendapatkan bonus water brush. Itu adalah kuas yang langsung menyimpan air juga. Jadi kita tidak perlu bolak-balik mencelupkannya ke air, karena dalam gagang kuas tersimpan air. Jadi kita cukup memencetnya saja maka air akan menetes.
Namun, water brush juga harus sering-sering dibersihkan untuk menjaga keawetannya. Karena jika tidak, warna cat air akan mengendap di pangkal dari brushnya tersebut.
Tips:
Membersihkannya cukup mudah. kita hanya harus menekan untuk mengeluarkan air dan menggosokkannya pada tissue atau pada busa yang sudah disediakan pada sisi-sisi wadah cat air.

Karena cat air ini adalah cat air kering, jadi untuk menggunakannya kita harus menggunakan kuas basah untuk mengambil warna-warnanya. Mencampurnya di palet untuk membuat warna yang kita inginkan dari percampuran beberapa warna.
Namun cat air portable ini warnanya rawan sekali terkontaminasi oleh warna lain. Karena letaknya yang berdekatan dan karena untuk mengambil warna kita harus membasahinya sehingga kadang menempel pada warna di sebelahnya.
Tips:
Namun untuk membersihkannya kita juga cukup menggunakan kuas basah, dan menyapukannya pada bagian yang terkontaminasi.

Ini adalah penampakkan dari cat air koi 12 warna, 18 warna dan 24 warna..

Koi Water Colors 12, 18 dan 24 Warna

Beberapa karyaku dengan menggunakan cat air portable ini..

Ini ketika SNSD (Suka Nian Sket Dadakan) di Gembira Loka Zoo

Kura-kura di Gembira Loka Zoo
Pensil Mekanik 4B 0,5, Cat Air pada Sketbuk A5
2013

Salamander, Katak
Pensil Mekanik 4B 0,5, Cat Air pada Sketbuk A5
2013



Indukan Domba dan Kambing di Gembira Loka Zoo
Pensil Mekanik 4B 0,5, Cat Air pada Sketbuk A5
2013


Tergantung..

Tergantung
Pensil Mekanik 4B 0,5, Cat Air pada Sketbuk A5
2013



Can I Ask..

Can I ask
Pensil Mekanik 4B 0,5, Cat Air pada Sketbuk A5
2013



Kertas yang kugunakan memang bukan yang khusus untuk cat air. Aku hanya menggunakan Sketchbook Kiky biasa, dan Sketchbook Canson..
Aku belum sempat membuat sketchbook dari kertas-kertas kesukaanku seperti florida, hawaii, djava. Karena belum ada waktu dan masih malas. Haha..
Aku juga mau membeli kertas yang khusus untuk cat air, namun mungkin yang kualitasnya belum dewa. Hehe.. sekali lagi, karena budgetku masih dibawah normal.. :P
Membuat sketchbook sendiri adalah salah satu cara untuk mengirit uang dan juga kita bisa mendapatkan kertas sesuai dengan yang kita inginkan...

Tentang cat air lagi..
Cat air ini memang dikhususkan untuk ketika kita bepergian. Namun, jika kita mewarna di dalam ruangan, menurutku lebih enak jika menggunakan cat air yang tube. Karena selain memang harganya lebih murah, juga untuk mencampur warna akan lebih mudah jika kita menginginkan warna yang relatif banyak..

Sekian dulu post kali ini. Kalo ada masukan atau komentar silahkan..
Kalo ada salah atau kurang mohon pembenaran dan tambahannya..
Makasih..



9 komentar:

  1. bagus deh gambarnyaaa:D
    barusan beli water brush juga, tapi cat air portablenya yang merek reeves.. mau belajaarrr>_<

    BalasHapus
  2. Kalo udah dewa pake winsor & newton ya 😂😂😂 harganya hueek 😂😂😂 mahal bgt.

    BalasHapus
  3. Kalo udah dewa pake winsor & newton ya 😂😂😂 harganya hueek 😂😂😂 mahal bgt.

    BalasHapus
  4. Boleh tanya? Kalau air water brushnya habis di isi pakai air biasa atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sore, menurut saya memang dari awal pakai air biasa. Tinggal dilepas saja dan diisi dengan air. Saya belum punya sih, berharap tepatnya wkwkwk

      Hapus
    2. Sore, menurut saya memang dari awal pakai air biasa. Tinggal dilepas saja dan diisi dengan air. Saya belum punya sih, berharap tepatnya wkwkwk

      Hapus
  5. Aihh gambarnya bgs bgt.. Jadi.ngiri dehhh.. Kkkk~
    Aku jg pengen beli koi watercolor. Liat master2 di ig pakai ini bikin tambah kepengen. Tp apalah daya dompet tak sampa (?)
    suka bgt karya km. G post di ig a?

    BalasHapus
  6. Kak kalo pakai water brush bisa gk sih pakai caat air yang cair? Sekian

    BalasHapus
  7. Yg suka gambar yuk ikutan di FB, challange gambar 36 provinsi
    Dngn hastag
    #multicoloredindonesia
    #gambar36provinsi
    #36challange

    BalasHapus