Kamis, 25 Agustus 2011

Unsur Seni Rupa. Garis

Masih inget dulu waktu pertama kali kuliah Nirmana Dwimatra, tugas yang dikasih pertama kali oleh dosennya yaitu Komposisi Garis..
Kita dibebaskan untuk membuat komposisi garis dengan alat apapun! yang jelas medianya cat cat dan kertas..
Boleh Dengan Kuas, Sapu lidi atau apapun itu yang penting akan menghasilkan garis.. entah itu garis positif ataupun garis negatif..
Nah.. Pengertian garis sendiri adalah..
Unsur seni rupa yang tercipta dari titik-titik yang saling berdempetan.. Ujung dari sebuah garis adalah titik.. jadi ini adalah hubungan antara titik dan garis.. unsur seni rupa setelah titik yaitu garis..
ada juga yang mengatakan kalau pengertian garis adalah Batas antara 2 bidang..
Dan perbedaan dari garis positif dan garis negatif adalah..
Kalau garis positif adalah sebuah garis yang etrcipta karena kita memang sengaja menggoreskannya.. sedangkan garis negatif adalah sebuah garis yang tercipta akibat dari ketidak sengajaan. dikatakan seperti itu karena garis negatif tercipta misalnya akibat dari 2 buah bidang yang berdekatan. nah celah di antara 2 bidang tersebutlah yang disebut garis negatif..
Garis terbagi menjadi garis lurus dan garis lengkung..
Materi yang masih ku ingat ketika Kuliah Nirmana Dwimatra dulu yaitu (yang mengenai garis) Komposisi garis lurus, komposisi garis lengkung, komposisi garis bebas (campur lengkung dan lurus), komposisi garis lurus dengan menggunakan lidi, komposisi garis akibat cipratan, komposisi garis akibat kibasan, komposisi garis negatif dengan tehnik hisap, komposisi garis negatif antara bidang, komposisi garis negatif dengan tehnik batik..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar