Kamis, 25 Agustus 2011

Unsur Seni Rupa. Warna

Hahahaha... ngelewatin 2 unsur seni rupa sebelumnya.. Bidang ma Bentuk cos belon ada gambarnya... materinya juga belon lengkap.. haha...
Jadi sekarang mendingan langsung ke warna aja.. :)
Pertanyaan pendahulu waktu ngajar di kelas 7 (KKN-PPL si SMPN 5 Banguntapan)..
"Kalo kamu dikasih baju ato apapun, kamu berharap dikasih warna apa?" pertanyaan yang kulemparkan pada salah satu muridku.. dan macam-macam jawaban mereka...
Dan aku mengungkapkan materi warna pada mereka...



Ada beberapa pengertian mengenai warna..
Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (warna putih). Nah, kalo pengertian warna yang ini adalah pengertian warna dalam cahaya..
Sedangkan pengertian warna dalam seni rupa, Warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda.
dan Untuk lebih mudahnya, Warna adalah pigmen dari sebuah benda..




PEMBAGIAN WARNA
Ternyata warna dibagi-bagi menjadi beberapa bagian. Langsung saja..


       Warna primer
Merupakan warna dasar yang tidak merupakan campuran dari warna-warna lain. Warna yang termasuk dalam golongan warna primer adalah merahbiru, dan kuning.
dan Warna Primer bisa juga disebut sebagai Warna Pokok, Warna Dasar ataupun Warna Pertama
(Klik pada gambar untuk memperbesar)


Warna sekunder
Merupakan hasil pencampuran warna-warna primer dengan proporsi 1:1. Nama lain dari Warna Sekunder adalah Warna Kedua.. :)
Misalnya warna jingga merupakan hasil campuran warna merah dengan kuning, hijau adalah campuran biru dan kuning, dan ungu adalah campuran merah dan biru.
Merah + Biru = Ungu
Kuning + Biru = Hijau
Kuning + Merah = Jingga

Warna tersier
Merupakan campuran salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Misalnya warna jingga kekuningan didapat dari pencampuran warna kuning dan jingga.

Warna netral
Warna netral merupakan hasil campuran ketiga warna dasar tetapi tidak dalam komposisi tepat sama. Warna ini sering muncul sebagai penyeimbang warna-warna kontras di alam. Biasanya hasil campuran yang tepat akan menuju hitam.

PENGELOMPOKKAN WARNA
Selain dibagi-bagi.. ternyata warna juga dikelompok-kelompokkan menjadi beberapa kelompok. Yaitu Warna Kontras atau Komplementer, Warna Panas dan Warna Dingin..

1.     Warna kontras atau komplementer, adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna.
Contoh warna kontras adalah Merah-Hijau, Kuning-Ungu dan Biru-Jingga.

2.     Warna panas, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini menjadi simbol, riang, semangat, marah dsb. Warna panas mengesankan jarak yang dekat.

3.     Warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini menjadi simbol kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna dingin mengesankan jarak yang jauh.


Fungsi dari warna itu sangat banyak.. contohnya, Kamu bayangkan saja kalau di dunia ini tidak ada warna. hanya ada Hitam dan Putih. Apakah hidup ini tidak akan sangat membosankan dan kaku.. Oleh sebab itu warna bisa menjadi menghias ataupun bisa juga warna bisa merefleksikan perasaan hati kita. Misalnya ketika kita sedang jatuh cinta, kita bisa menggunakan warna-warna yang cerah seprti Pink atau Merah Muda.. Ketika kita sedang marah kita bisa mengungkapkannya dengan warna merah..

Ketika sebuah gambar hanya diberikan hitam putih saja terlihat tidak terlalu menarik..

Sedangkan ketika gambar tersebut diberi warna, terlihat makin indah, makin cerah dan menjadi semakin menarik perhatian...

Nah.. Sekian dulu uraian materi warna dariku.. silahkan kalo ada yang ingin menambahkan.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar