Jumat, 26 Agustus 2011

Tutorial - Membuat Kartun Kambing dengan CorelDRaw Graphic #1


Hm.. Padahal belon ada penjelasan tentang ilustrasi atau cara pembuatan kartun secara manual, tapi karena data ini udah ada dan udah ngga sabaran pengen ku post.. jadi ya.. ini dulu saja..
Membuat kartun dengan media digital.. :)
Kata "Ngetris" adalah kata populer di kelasku (Kelas A angkatan 2008 Seni Rupa UNY).. istilah yang aslinya berasal dari bahasa inggris namun kami plesetkan agar mudah dan kata itu memang familiar sekali di telinga kita ketika kita menggambar di coreldraw..

Hm.. Kebetulan Corel yang ku gunakan waktu itu (Ini sebenarnya dibuat ketika jaman-jamannya kuliah Komputer Grafis dengan Dosen Ibu Arsiati Latifah M. Sn) adalah CorelDRaw X4 Graphic..
Langsung saja buka aplikasi CDR X4 dan pilih New Blank Document..
Membuat badan kambing..
(Klik pada gambar untuk memperbesar)


Kemudian langkah pertama adalah membuat lingkaran dengan memilih Elipse tool (F7) pada toolbox..


Buatlah beberapa lingkaran dengan ukuran yang berbeda. Agar bentuk yang tercipta adalah lingkaran dan bukan elips, ketika membuat bentuk tekan juga Ctrl..
Kemudian Susun agar menyerupai badan dari sang kambing dan pilih semuanya (mengeblok semuanya sehingga aktif) kemudian pilih tool Weld pada Property bar untuk mengkombinasikan semua bentuk yang aktif menjadi satu bentuk dan hanya outline-nya saja. seperti pada gambar..


Setelah itu buat kembali 2 buah lingkarang besar dan kecil untuk dijadikan Kepala sang kambing..


Dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya dengan menggunakan Weld. Klik objek sehingga menjadi aktif dan pilih Shape tool (F10) pada tool box. Atau bisa juga langsung double klik pada objeknya sehingga akan mengantarkan langsung ke shape tool..


 Double klik pada titik yang ingin dihilangkan sehingga menjadi bentuk seperti pada gambar..


Setelah itu untuk membuat Kaki, buatlah elips dengan Elipse tool (F7) untuk kaki bagian atas dan buat persegi dengan menggunakan Rectangle tool (F6) untuk kaki bagian bawah, seperti pada gambar..


Klik pada Persegi sehingga aktif kemudian pilih Shape tool (F10) sehingga terdapat 4 kotak hitam pada sudut persegi tersebut. klik kotak itu dan geser sedikit sehingga persegi tersebut tidak memiliki sudut. seperti pada gambar..


Setelah selesai biarkan Shape tool tetap aktif dan di sudut atas kanan ada tool Convert to curves (Ctrl+Q) untuk membuat titik-titik yang bisa dijadikan sudut. 


Hilangkan titik yang tidak dibutuhkan dan bentuklah dengan menggeserkan titik lainnya sehingga terbentuk seperti pada gambar..


Pilih elips dan lakukan hal yang sama dengan menggunakan Convert to curves (Ctrl+Q) kemudian membuat bentuk seperti pada gambar dengan menarik panah-panah yang terdapat pada tiap titik..


Cusp node, Smooth node, Simmentrical node bisa digunakan untuk fungsi yang berbeda pada panah yang ada pada titik ketika Shape tool aktif..


Aktifkan kedua objek kaki tersebut dengan mengklik 1 dan tekan Shift+klik untuk mengaktifkan beberapa objek. Kemudian duplikat menjadi 4. Duplikat dengan Klik kanan Copy kemudian Paste. atau dengan cara mengklik objek drag, kemudian kepaskan dan ketika keluar kotak dialog, pilih Copy here..


Membuat mata, Buatlah beberapa lingkaran dengan Elipse tool (F7) dengan berbeda ukuran seperti pada gambar..


Kemudian buatlah Telinga dan Ekor dengan menggunakan tool Freehand tool (F5)..


Dan kalau bentuknya kurang sesuai, rapihkan dengan menggunakan Shape tool..
Untuk bagian kaki, klik bagian kaki atas dan bawah kemudian pilih tool Group (Ctrl+G) pada Property bar


Kemudian susun semua bagian sehingga menjadi bentuk seperti pada gambar..


Sekian dulu bagian ini, karena udah kepanjangan.. di sambung ke bagian 2..

4 komentar:

  1. ini nih hasil ujicoba ngajarin bocah tetangga, berdasarkan tutorial ini... Terima kasih banyak yaaa... cekidot:
    http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/185112_2841334411086_1564530863_n.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh... apik mas...
      alhamdulillah kalo bisa bermanfaat.. turut seneng.. :)

      Hapus
  2. wah keren gan :D
    Mau coba nih dirumah :D thx yoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha... makasih2...

      iya sumonggo... semoga bermanfaat...
      nanti aku nonton hasilnya ya.. hehe

      Hapus